Loading...
BERITA BOLALIGA SPANYOLUncategorized

Lima Transmisi Pesepakbola Dari La Liga Menuju ke Premier League yang Dinilai ‘Gatot’, Nomor Satu Sempat Menjadi Pesepakbola Dengan Nilai Transfer Termahal Inggris

Ya, terdapat sejumlah pesepakbola berkebangsaan Spanyol yang sukses besar ketika berpetualangan dikancah Premier League. Salah satu contohnya adalah David Silva yang memutuskan untuk bergabung bersama Manchester City pada bursa transfer musim panas 2010 silam. Diboyong dari salah satu klub peserta La Liga, Valencia, Silva menjelma sebagai motor serangan Manchester Biru.

Sejak memutuskan untuk mengenakkan jersey biru langit milik kebanggaan Manchester City, pesepakbola pemilik nama lengkap David Josue Jimenez Silva itu sudah berhasil mempersembahkan dua mahkota Premier League bagi para suporter fanatik yang selalu memadati Etihad Stadium. Sama halnya dengan Francesc Fabregas bareng klub kebesaran Chelsea. Direkrut dari klub elite peserta La Liga, FC Barcelona, pada jendela transfer Juli-Agustus 2014 silam, pemain pemilik nama lengkap Francesc Fabregas Soler itu juga mempersembahkan dua trofi Premier League bagi publik Stamford Bridge.

Tapi rupanya, tidak melulu pesepakbola yang diboyong dari klub kontestan La Liga bermain apik dikancah Premier League. Terdapat sejumlah pemain yang dinilai gatot alias gagal total ketika memutuskan untuk merasakan sensasi bermain di turnamen paling bergengsi didaratan Inggris tersebut.

Berikut lima transmisi pesepakbola dari La Liga menuju ke kancah Premier League yang dianggap gatot ‘gagal total’.

1. Angel Di Maria

Pemain yang mengandalkan kecepatannya ini sendiri punya goresan yang cukup apik ketika memperkuat Real Madrid yang terhitung sejak musim panas 2010 hingga musim panas 2014. Selama empat musim berada di Estadio Santiago Bernabeu, personel Timnas Argentina ini sukses mempersembahkan satu mahkota Liga Champions, satu gelar La Liga, dan dua trofi Copa del Rey. Prestasi tersebut pun membuat klub raksasa peserta Premier League, yakni Manchester United, yang kala itu berada di bawah penanganan Louis Van Gaal kepincut untuk merekrut Di Maria yang terjadi pada jendela transfer Juli-Agustus 2014.

Kala itu, pemain pemilik nama lengkap Angel Fabian Di Maria Fernandez ini didatangkan oleh manajemen Manchester Merah dari Real Madrid dengan harga transfer sebesar 67,5 juta poundsterling. Kala itu, winger berusia 29 tahun ini sempat menjadi pesepakbola termahal di Inggris. Akan tetapi, banderol mahal tersebut tidak setara dengan apa yang ditawarkan oleh Di Maria ketika berada di atas lapangan. Sang pemain hanya mampu menceploskan bola ke gawang lawan sebanyak emapt kali saja dalam 32 pertandingan bareng Setan Merah di seluruh kompetisi. Akhirnya, mantan pemain Benfica ini dijual oleh manajemen Manchester Merah menuju ke Paris Saint Germain pada jendela transfer Juli-Agustus 2015.

2. Robinho

Saat bermain untuk klub lokal Brasil, Santos dan Real Madrid, pemain pemilik nama asli Robson de Souza ini sempat digadang-gadang sebagai titisan Pele. Kegesitan dan kualitas dalam hal membongkar jantung pertahanan lawan menjadi satu keunggulan yang bisa diberikan oleh pesepakbola berkebangsaan Brasil ini. Berkat bakat besarnya itu, Manchester City pun memutuskan untuk mendatangkan Robinho dari klub berjuluk Los Blancos tersebut pada jendela transfer Juli-Agustus 2008 silam dengan banderol senilai 43 juta euro.

Akan tetapi, pemain yang kini berusia 33 tahun ini dicap gagal total berkarier dikancah Premier League bareng Manchester Biru. Selama dua musim di Etihad Stadium yang terhitung sejak musim panas 2008 hingga musim panas 2010, Robinho hanya mampu mencatatkan namanya di papan skor sebanyak 16 kali saja dalam 53 pertandingan di seluruh turnamen. Sempat menjalani masa peminjaman bersama klub lamanya, yakni Santos, pada musim dingin 2010, pemain yang kini bermain untuk Atletico Mineiro ini akhirnya dilepas secara utuh ke AC Milan pada Juli 2010.

3. Nolito

Pemain yang satu ini sukses menunjukkan penampilan yang sangat mengesankan ketika berseragam Celta de Vigo di pentas La Liga pada musim 2015-2016. Dalam 29 pertandingan, pesepakbola berkebangsaan Spanyol ini mampu mencetak 12 gol serta sumbangan tujuh assist-nya. Perolehan tersebut pun membuat Nolito dibeli oleh klub berjuluk The Citizens tersebut arahan Josep Guardiola di lantai transfer Juli-Agustus 2016 dengan biaya senilai 18 juta euro.

Kali pertama merasakan sensasi berpetualangan dikancah Premier League ternyata membuat Nolito tidak percaya diri. Pemain pemilik nama asli Manuel Agudo Duran ini hanya menceploskan bola ke gawang lawan sebanyak empat kali saja serta menyumbang dua assist-nya dalam 19 pertandingan yang dilakoninya bersama Manchester City di panggung Premier League. Akhirnya, di lantai transfer Juli-Agustus 2017, Nolito dilego manajemen klub menuju ke Sevilla.

4. Roberto Soldado

Ya, usai melepas Gareth Bale ke Real Madrid, Tottenham Hotspur pun menghamburkan banyak uang di periode yang sama. Salah satunya adalah memboyong pemain pemilik nama lengkap Roberto Soldado Rillo ini dari klub kontestan La Liga, yakni Valencia, pada bursa transfer musim panas 2013 dengan nilai transfer yang menyentuh angka 30 juta poundsterling. Bukan sesuatu yang mengejutkan terkait banderol Soldado. Pasalnya, semasa masih berseragam Los Che – julukan Valencia -, pemain asal Spanyol ini sanggup mencatatkan namanya di papan skor sebanyak 82 kali dalam 141 pertandingan di seluruh turnamen.

Akan tetapi, Soldado tidak mampu membuktikan kapasitasnya sebagai penyerang kelas dunia bersama Spurs. Dalam 28 pertandingan yang dijalaninya bersama klub berjuluk The Lilywhites tersebut, pemain berusia 32 tahun yang saat ini bermain untuk Fenerbahce ini hanya mampu membukukan enam gol saja. Akhirnya, Soldado pun dijual ke Villarreal pada bursa transfer musim panas 2015.

5. Lucas Perez (Arsenal)

Pemain pemilik nama lengkap Lucas Perez Martinez ini sendiri mampu bermain mengesankan bareng Deportivo La Coruna di sepanjang edisi 2015-2016 lalu. Dalam 36 pertandingan di pentas La Liga pada periode tersebut, pesepakbola berkebangsaan Spanyol ini mampu menceploskan bola ke gawang lawan sebanyak 17 kali. Perolehan tersebut pun membuat Perez direkrut oleh klub kebesaran Arsenal pada jendela transfer Juli-Agustus 2017 dengan banderol yang menyentuh angka 14 juta euro.

Akan tetapi, pemain yang berposisi sebagai penyerang ini tampil di bawah standard bareng klub elite asal Negeri Ratu Elizabeth yang berbasis di London Utara tersebut. Dalam 11 penampilannya dikancah Premier League musim 2016-2017, ujung tombak berusia 29 tahun ini hanya mampu mencatatkan namanya di papan skor sebanyak satu kali saja. Pada bursa transfer Juli-Agustus 2017, Perez pun disekolahkan oleh Meriam London menuju ke klub lamanya, yakni Deportivo La Coruna.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*